--> Semangat Gotong Royong untuk kesatuan & Demokrasi Indonsia #AkuMerdekaIndonesiaDamai | Vitria Palahidu (Orang Pinggiran Belajar Blog Dadakan)
Vitria Palahidu (Orang Pinggiran Belajar Blog Dadakan)

Blog otodidak, seputar opini, pendapat, cerita Dan pengalaman

Sabtu, 16 September 2017

Semangat Gotong Royong untuk kesatuan & Demokrasi Indonsia #AkuMerdekaIndonesiaDamai

| Sabtu, 16 September 2017
Indonesia adalah negara yang bukan hanya kaya akan alam dan keindahannya, tetapi juga kaya akan keragaman suku dan budayanya.
Dan sesuatu yang paling indah di Indonesia menurut saya, tidak cukup hanya pada sajian alamnya yang mempesona, keberagaman budayanya ataupun seperti tarian adatnya atau juga situs-situs sejarahnya. Melainkan sikap saling menghormati dan menghargai diantara perbedaan keragaman agama. Sifat toleransi antara umat beragama adalah nilai tersendiri bagi indonesia yang mampu mempertahankan untuk tetap bersatu. Sebab, Indonesia memiliki simbol dan semboyan persatuan yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan inilah yang dijunjung tinggi oleh masayrakat Indonesia. Sebuah harapan besar untuk negeriku agar tetap bersatu dan jangan goyah dalam situasi apapun. Ditangan kita, dan dipundak kita. Asa dan masa depan negeri ini diletakkan, entah seperti apa wujud bangsa ini kedepan adalah kita yang akan membentuknya sendiri. Berilah karya, dan nilai positif untuk masa depan yang lebih baik untuk Indonesia.


Photo by: vait_mcright


Gotong royong adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam hal melakukan kegiatan bekerja bersama-sama. Gotong royong juga termasuk dalam artian saling tolong menolong atau bahu membahu. Seperti arti kata gotong royong inj sebenarnya berasal dari dua suku kata. Yaitu gotong yang berarti "membawa" dan royong artinya bersama-sama.  Gotong royong ini bukan hanya dengan tujuan agar sesuatu yang dikerjakan lebih ringan atau mudah melainkan juga untuk memperat hubungan silaturahim antara sesama. Menciptakan dan meningkatkan rasa kepedulian, menumbuhkan rasa kebersaman dan tujuan umumnya adalah nilai persatuan. 

Di Indonesia, kegiatan gotong royong ini sudah menjadi nilai khas budaya. Ini juga merupakan salah satu ciri unik dan keunggulan bangsa indonesia yang tidak dimilki oleh bangsa lainnya. Semangat gotong royong ini biasanya lebih banyak kita jumpai di pedesaan atau perkampungan. Bukan berarti di kota besar kita tidak dapat menjumpai sifat gotong royong ini, akan tetapi cukup jarang terjadi. Sebab aktivitas di perkotaan lebih pada kesibukan dan kepentingan masing-masing seiring tantangan kehidupan di perkotaan lebih menitikberatkan kualitas pekerjaan. Contoh sifat gotong royong yang masih sering kita jumpai hingga saat ini seperti kegiatan siskamling, kegiatan pemilihan umum, kerja bakti dan lain sebagainya. 

Photo by geralt
Seiring perkembangan zaman dan kemajuan dunia teknologi, kebiasaan yang indah ini (gotong royong) pun semakin terkikis. Kehidupan dunia diera digital semakin membawa sifat manusia menjadi individualis. Kepentingan masing-masing lebih diutamakan. Sifat gotong royong harusnya tetap eksis keberadaanya dan tidak luntur oleh waktu dan peradaban. Karena sifat gotong royong memiliki alasan kuat untuk tujuan persatuan Indonesia.

Gotong royong adalah nilai penting dan ciri khas budaya masyarakat Indonesia sebagai warisan turun temurun yang tetap harus dilestarikan. Gotong royong ini memiliki tujuan dan manfaat besar bagi kita utamanya dalam membentuk rasa dan nilai persatuan dan kesatuan warga Indonesia. Sifat gotong royong tentunya dapat menerapkan contoh perilaku tolong menolong, menumbuhkan rasa kepedulian antara sesama, sifat saling toleransi antar umat beragama, saling menghormati dan menghargai, menumbuhkan interaksi warga dan mempererat hubungan silaturahmi dan memiliki nilai sosial. Sifat gotong royong akan memberi kesadaran bagi tiap warga, bahwa Indonesia memang memiliki banyak keragaman baik budaya suku dan agama dan lain sebagainya dan kita harus menghargai itu.

Itulah alasan betapa pentingnya semangat gotong royong demi kesatuan dan demokrasi Indonesia. Kenapa demokrasi?

 Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara (Dikutip dari Wikipedia). ini adalah termasuk dalam pengertian demokrasi secara umum.

Di Indonesia, sistem demokrasi yang digunakan adalah sistem demokrasi Pancasila. Dalam hal ini demokrasi Pancasila  dibentuk dalam dua asas yaitu:

👉asas kerakyatan; dan
👉asas musyawarah atau mufakat.

⏩kedua bentuk asas ini adalah terdapat dalam batang tubuh Pancadila dalam sila ke 4 yaitu "Kerakyatan yang dipimpian oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan". 

Secara garis besar, demokrasi Pancasila memiliki pengertian bahwa demokrasi ini lebih mengutamakan asas gotong royong dan asas kekeluargaan yang tujuannya adalah bagi kepentingan rakyat dan juga kesejahteraannya yang didalamnya juga telah terkandung nilai-nilai postif seperti nilai agama/religius, nilai keadilan, nilai keluhuran dan lain sebagainya.

Dalam pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa, dalam Pancasila juga termuat kata " gotong royong". Jadi begitu pentingya sifat gotong royong yang tidak boleh lepas dari bangsa dan budaya kita Indonesia. Kenapa penting? Karena disitulah terdapat nilai-nilai kesadaran, kecintaan dan berkepribadian akan terbentuk. 

Sifat gotong royong memiliki peranan penting dalam kehidupan kita dan bangsa kita. Sebagai warga negara yang lahir ditanah air ini, sifat gotong royong adalah jati diri kita. Kita harus menjunjung tinggi nilai nilai dan budaya di Indonesia. Bukan hanya menghormati dan menghargai tapi juga melaksanakan. Jiwa gotong royong adalah jiwa persatuan untuk kesatuan dan demokrasi Indonesia. Berada diantara keberagaman suku, budaya, agama, adat istiadat, harusnya patut kita sukuri sebagai bentuk kekayaan Indonesia. Sebuah aset yang tidak akan pernah tergantikan dan ditemukan dimanapun. Kita patut menjaga dan melestarikan itu. Saling menghormati dan memberi toleransi satu sama lain. Wujudkan sikap gotong royong, untuk kesatuan dan demokrasi Indonesia.

Kesadaran dalam diri untuk melahirkan semangat gotong royong, secara tidak langsung memberi manfaat dan nilai positif bagi bangsa. Setiap kesadaran itu akan membangun nilai demokrasi yang dibentuk dalam diri. Bukan hanya itu, tetapi juga membangun Indonesia dalam semangat perubahan kearah yang lebih baik. Kesadaran dari sifat gotong royong akan menanamkan nilai positif kepada setiap warga negara indonesia, kepada pembangunan demokrasi indonesia dan kemajuan indonesia. Untuk itu, termasuk kita sebagai generasi muda. Ini bukanlah saatnya untuk menjadi gengsi untuk menerapak budaya kita sendiri. Sifat gotong royong bukanlah budaya kuno era masa lampau. Dia haruslah tetap menunjukkan eksistensinya sampai kapanpun. Ayo semangat gotong royong Indonesiaku.



Photo by: harishs

Related Posts

Tidak ada komentar: