Bekerja bersama #UBAHJAKARTA
Bekerja bersama #UBAHJAKARTA
Sebagai Ibukota Negara Indonesia, Kota Jakarta adalah tempat paling favorit dikunjungi oleh masyarakat di seluruh Indonesia sebagai tempat mengadu nasib, mencari peruntungan dan lain sebagainya. Sehingga tidak salah, jika penduduk di kota Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun.
Photo by Rayydark |
MRT, untuk Jakarta lebih baik
Bekerja bersama #ubahjakarta
Jakarta memilki luas sekitas 661,52 km2 (lautan 6.977,5 km2), dengan jumlah penduduk di tahun 2011 mencapai 10.187.595 jiwa. Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa[1] merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua dunia[2]. Makin bertambahnya jumlah penduduk dan dibarengi dengan fasilitas kurang memadai merupakan salah satu faktor utama penyebab kemacetan di Kota Jakarta. Sehingga banyak yang mengistilahkan kota Jakarta sebagai kota “macet”.Photo by jeremmy yappi |
Berdasarkan Studi Japan Internasional Corporation Agency (JICA) pada tahun 2004 menyimpulkan bahwa bila tidak dilakukan perbaikan pada sistem transportasi, diperkirakan lalu lintas Jakarta akan macet total pada tahun 2020[3].
Sebagai kota tempat bertumpunya tempat perekonomian terbesar di Indonesia, tentunya faktor kemacetan juga berpengaruh dan berpotensi kerugian bagi masyarakat maupun pemerintah. Banyak hal yang menjadi tertunda ataupun terhambat dilaksanakan hanya karena persoalan macet.
Dinas Perhubungan Jakarta
mencatat kerugian masyarakat akibat kemacetan di sejumlah wilayah di Jakarta
mencapai 150 triliun/tahun[4].
Tentunya ini bukan hanya PR bagi pemerintah tetapi juga kita masyarakat
terutama warga Jakarta bagaimana menemukan solusi untuk Jakarta lebih baik
kedepan.
Saat ini pemerintah telah
berupaya untuk perbaikan kota Jakarta terutama kemacetan. Dan salah satu
langkah yang dilakukannya adalah pembangunan MRT atau MRT Jakarta,yaitu
singkatan dari Mass Rapid Transit Jakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta
(bahasa inggris: Jakarta Mass Rapid
Transit) adalah sistem transportasi cepat yang sedang dibangun di Jakarta[5]. Pembangunan
ini telah dimulai dari tanggal 10 oktober 2013 diperkirakan berakhir di tahun
2018[6].
Hal ini merupakan langkah terbaik
dan langkah tepat pihak pemerintah untuk perubahan Jakarta kearah yang lebih
baik terutama segi kemacetan dengan membangun MRT ini.
Luas wilayah Jakarta yang
kecil dibanding dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, tentunya penataan
kota Jakarta haruslah amat kondusif termasuk masalah lalu lintas. Sebagai kota
yang padat penduduk, permintaan akan angkutan yang terpadu sangat berperan
penting dalam pergerakaan perkekonomian dalam menjawab kebutuhan masyarakat.
Tentunya pembangunan MRT bukan sekedar bagi kepentingan perekonomian semata, tapi juga untuk arah Jakarta lebih baik kedepan. Kenyamanan, keamanan, lingkungan, dan kesehatan yang lebih baik.
Pembangunan MRT Jakarta juga memberi manfaat lebih bagi kota jakarta. MRT yang direncanakan akan dibangun mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI jelas akan meraup banyak jumlah tenaga kerja. Meningkatkan standar kapasitas transportasi kota jakarta. Angkutan cepat terpadu setidaknya dapat mengefisiensi waktu perjalanan dan dapat meningkatan mobilitas kerja.
Transportasi angkutan yang memadai akhirnya akan dapat mengurangi jumlah kemacetan di kota jakarta dan dapat mengurangi polusi udara kenderaan. Baik untuk lingkungan dan kesehatan. Hal ini seperti siklus yang tidak terputus dan saling berkaitan. Efek dari kemacetan sampai pada biaya, waktu, lingkungan dan kesehatan hingga ke faktor ekonomi.
Rencana pemerintah dengan membangun MRT diharapkan akan jauh lebih baik membawa perubahan bagi kota Jakarta, tapi akan lebih baik jika visi ini dibangun bersama kita sebagai masyarakat dan warga jakarta khususnya. Pengguna mobil pribadi misalnya, setidaknya dapat sesekali menggunakan transportasi massal ini. Kembali bahwa harapan perubahan adalah untuk kepentingan kita semua. Jadi ayo dukung perubahan dan lakukan perubahan dari diri kita juga. #ubahjakarta untuk jakarta lebih baik.
Lokasi pembangunan MRT Jakarta (Screenshots on google maps) |
Tentunya pembangunan MRT bukan sekedar bagi kepentingan perekonomian semata, tapi juga untuk arah Jakarta lebih baik kedepan. Kenyamanan, keamanan, lingkungan, dan kesehatan yang lebih baik.
Pembangunan MRT Jakarta juga memberi manfaat lebih bagi kota jakarta. MRT yang direncanakan akan dibangun mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI jelas akan meraup banyak jumlah tenaga kerja. Meningkatkan standar kapasitas transportasi kota jakarta. Angkutan cepat terpadu setidaknya dapat mengefisiensi waktu perjalanan dan dapat meningkatan mobilitas kerja.
Transportasi angkutan yang memadai akhirnya akan dapat mengurangi jumlah kemacetan di kota jakarta dan dapat mengurangi polusi udara kenderaan. Baik untuk lingkungan dan kesehatan. Hal ini seperti siklus yang tidak terputus dan saling berkaitan. Efek dari kemacetan sampai pada biaya, waktu, lingkungan dan kesehatan hingga ke faktor ekonomi.
Kesadaran kita perlu dibangun, kita perlu bekerja bersama #ubahjakarta
Kemacetan kota Jakarta telah menjadi permasalahan besar yang harus segera teratasi. Sebuah harapan besar agar proyek pembangunan MRT Jakarta dapat terselesaikan sesuai target di tahun 2018 mendatang. Masalah kemacetan ini tentunya harus menjadi tugas kita bersama. Bukan hanya pemerintah tetapi juga perlu adanya kesadaran dari masyarakat terutama warga Jakarta. Bagaimanakah pihak pemerintah dan masyarakat dapat berpartisipasi bersama membangun perubahan di kota Jakarta? Berikut beberapa saran yang mungkin dapat diterapkan untuk Jakarta lebih baik:
Photo by: UnsplashUnsplash and screenshots on google maps |
1.
Menggunakan transportasi angkutan cepat terpadu
ini harus menjadi trend atau gaya hidup.
2.
Pemerintah harus membuat kewajiban bagi semua
pegawai maupun karyawan kota Jakarta agar menggunakan angkutan cepat terpadu ini pada
hari tertentu.
3.
Pemilik kenderaan pribadi khususnya roda empat
harus memiliki kesadaran sendiri untuk sering menggunakan angkutan missal ini.
4.
Masyarakat perlu lahir kesadarannya untuk tidak
menggunakan jalur angkutan cepat terpadu ini seperti menggunakan jalur busway,
dan sebagainya.
5.
Penataan kota terpadu.
6.
Penetapan syarat pendirian bangunan baru,
misalnya hanya diperbolehkan dengan luas atu lebar tertentu. Mengingat pertumbuhan
kota Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga pembangunan dan
penataan kota harus lebih efisien agar pembangunan jalan kota dapt ditingkatkan.
7.
Sebagai tugas bersama antara para generasi muda
dan pengusaha. Agar lebih kreatif, mengembangkan pemikiran kita untuk
menciptakan suatu usaha baru yang tidak harus berorientasi di kota Jakarta,
sehingga dapat mengalihkan anggaapan masyarakat bahwa untuk memenuhi kebutuhan
ekonomi tidak harus di kota Jakarta saja.
[1]
Sensus Penduduk 2010. Badan Pusat Statistika (BPS), dikutip dalam
Wikipedia.co.id
[2]
Wikipedia.co.id, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
[4]
http://jakarta.bisnis.com, Kemacetan
Jakarta : nilai kerugian masyarakat Rp 150 triliun/ tahun
[5]
https://Id.Wikipedia.org, pengertian MRT
[6]
VOA Indonesia : Proyek Pembangunan MRT Jakarta Resmi dimulai. Dikutip dalam
https://Id.Wikipedia.org
2 $type={blogger}:
Jakrta bags
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
Posting Komentar